21 Juni 2014

K13 GELOMBANG II GURU SASARAN KELAS 2 & 5

Kurikulum 2013 benar-benar akan dilaksanakan tahun aajaran baru 2014/2015. Hal tersebut ditandai dengan dilaksanakanya Diklat Kurikulum 2013 pada tahun ini. SD Negeri Donorojo I sebagai salah satu dari sekian tempat pelaksanaan diklat tersebut menyiapkan seluruh sarana prasarana dengan saksama, lengkap danjauh dari kata mengecewakan. Kali ini Guru Sasaran adalah Guru SD Kelas II dan V setelah gelombang satu kemarin kelas I dan IV.

Dibuka oleh Bapak Suharto Kepala UPT TK dan SD Kecamatan Donorojo disaksikan oleh panitia, instruktur, perwakilan dari LPPKS Surakarta dan Guru sasaran, Bapak Suharto dalam pidatonya mengatakan bahwa betapa pentingnya peran guru dalam pelaksanaan kurikulum ini dan peningkatan kualitas pendidikan
nasional pada umumnya. Sementara harapan pak Tri, perwakilan LPPKS bahwa perubahan atau hal baru bukanlah sesuatu yang menakutkan, justru harus dikenal, dipahami dan dilaksanakan demi kemajuan pendidikan dan perubahan moral peserta didik yang selama ini disinyalir telah mengalami penurunan.


Kurikulum 2013 membawa hawa baru bagi pendidikan Indonesia, dimana didalamnya juga ditekankan mengenai moralitas. Hal penting dalam Kurikulum 2013 aatau yang sering diistilahkan sebagai K-13 ini adalah substansi pembelajaran yang menekankan pada tiga aspek pokok yaitu sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. Sikap melingkupi aspek religius/spiritual dan sosial, sebagai harapan dari terbentuknya manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,mandiri, demokratis, dan bertanggungjawab. Pengetahuan merupakan harapan bangsa, bahwa generasi penerus dikemudian hari harus berilmu. Sementara keterampilan adalah harapan tentang kecakapan dan kreativitas. Dalam kegiatan tersebut selain peserta harus mempelajari berbagai substansi K13 juga dilaksanakan peer teaching.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar