Aplikasi rapor SD yang pertama muncul adalah aplikasi versi 1.0.1 kemudian disusul 1.0.2 dan yang ini adalah update versi 1.0.3.
Data nama-nama anak akan muncul dengan sendirinya setelah anda melakukan sinkronisasi. Oh, ya...untuk login gunakan Username : NUPTK dan Pasword : NUPTK. Setelah anda login, dengan NUPTK anda maka kan muncul kelas anda. Pengisian nilai dilakukan per kelas/rombel. So, semua guru dapat mengakses aplikasi ini dengan NUPTK masing-masing.
Data nama-nama anak akan muncul dengan sendirinya setelah anda melakukan sinkronisasi. Oh, ya...untuk login gunakan Username : NUPTK dan Pasword : NUPTK. Setelah anda login, dengan NUPTK anda maka kan muncul kelas anda. Pengisian nilai dilakukan per kelas/rombel. So, semua guru dapat mengakses aplikasi ini dengan NUPTK masing-masing.
Penjelasan umum:
- Aplikasi Rapor dapat dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar
dan indikator yang diorganisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.
- Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru.
- Apabila diperlukan, guru dapat menambahkan kompentensi dasar dan
atau indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran. Apabila
kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak
diperlukan lagi, dapat dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak dapat
menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal
aplikasi ini.
- Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran.
- Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini adalah nilai untuk indikator pada tiap kompetensi dasar.
- Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar.
- Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol positif dan negatif untuk tiap siswa.
- Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuai hasil butir 4.
- Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahulu
dengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga
kependidikan (ptk), rombel dan siswa.
- Aplikasi dapat di unduh di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id
Menu Utama:
- Referensi
Melalui menu ini, pengguna dapat mengolah data referensi yang akan digunakan pada menu lainnya, seperti: Aspek Kesehatan, Tema, Sub Tema, Kompetensi Inti, Kompentensi Dasar dan Indikator. - Ekstrakurikuler
Melalui menu ini pengguna dapat menambah, mengubah atau menghapus jenis kegiatan ekstrakurikuler dan anggota ekstrakurikuler.
Menu Ekstrakurikuler terdiri dari sub-menu Master Ekstrakurikuler dan Anggota Ekstrakurikuler. - Pemetaan
Melalui menu ini pengguna dapat melakukan pemetaan Mata Pelajaran yang ada pada Sub tema, Pemetaan Kompetensi Dasar dan Pemetaan Indikator. Pemetaan ini akan menetukan aspek yang akan dinilai pada setiap jenis penilaian. - Penilaian
Menu ini berfungsi untuk mengisi nilai setiap peserta didik pada seluruh jenis penilaian, seperti: Buku Harian Guru, Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Pada menu ini juga pengguna dapat mengisi Absensi Peserta Didik, Catatan Prestasi dan Penilan Pambahan (Saran- saran, Aspek Kesehatan dan Perkembangan Fisik Peserta Didik). - Rapor
Menu Rapor berfungsi untuk memproses pembuatan rapor sehingga dihasilkan bentuk keluaran rapor yang siap dicetak. - Tools
Pada menu ini pengguna dapat melakukan sinkronisasi data dengan database dapodik, seperti: kurikulum, mata pelajaran, peserta didik, anggota rombel dan sebagainya. - Pengaturan
Menu Pengaturan berfungsi untuk mengelola Pengguna dan Group Pengguna.
Plikasi dapat di download di sini :
1. Miror 1 download
2. Miror 2 download
3. Miror 3 download
Untuk aplikasi rapor versi 1.0.2 download di sini
Catatan : belum ada perintah resmi untuk menggunakan aplikasi ini...bagaimana ya?
untuk aplikasi dapodik versi 2018 a ... kenapa aplikasi rapor nya tidak mau dibuka ... di perintahkannya komputer anda tidak ter install aplikasi dapodik
BalasHapus